Jumat, 04 September 2009

9. Zaman Pergerakan Nasional

Penyebab utama kegagalan perjuangan rata-rata di Nusantara untuk mengenyahkan penjajah dari muka bumi adalah kurangnya rasa persatuan serta adanya sikap mementingkan daerahnya masing-masing. Namun tindakan penjajah yang semena-mena membangkitkan semangat mereka untuk melepaskan diri dari belenggu penjajahan. Hal ini membangkitkan kesadaran tentang pentingnya persatuan dan kesatuan untuk meraih tujuan itu. Mulailah timbul pergerakan nasional di segenap Nusantara.

Pergerakan Nasional pertama adalah Budi Utomo lalu diikuti oleh organisasi lainnya. Berikut ini akan diuraikan secara ringkas tentang pergerakan nasional tersebut.

1. Budi Utomo
Budi Utomo merupakan, organisasi pergerakan nasional yang pertama di Indonesia. Organisasi ini didirikan oleh Sutomo pada tanggal 20 Mei 1908. Itulah sebabnya setiap tanggal 20 Mei diperingati sebagai hari Kebangkitan Nasional. Budi Utomo didirikan atas anjuran Dr.Wahidin Sudirohusodo.

2. Serikat Dagang Islam
Organisasi ini didirikan oleh H. Samanhudi di Solo pada tahun 1911. Tujuannya adalah memberikan reaksi terhadap penguasaan ekonomi dan perdagangan oleh orang Cina, Arab, dan India.

3. Serikat Islam
Serikat Islam didirikan pada tahun 1912 oleh H. Sumanhudi dan HOS Cokroaminoto.Tujuannya adalah memajukan serta meningkatkan kehidupan agama Islam di Indonesia.

4. Muhammadiyah
Organisasi ini didirikan di Yogyakarta pada tahun 1912 oleh K.H. Ahmad Dahlan. Tujuannya adalah mengembalikan kemurnian agama Islam di Indonesia.

5. Indische Partai
Inilah organisasi pertama yang bersifat politik. Didirikan di Bandung pada tanggal 25 Desember 1912.
Pendirinya dikenal dengan julukan Tiga Serangkai, yaitu :
a. Dr. S. Danudirdja ( Douwes Dekker ).
b. R.M. Suryaningrat ( Ki Hajar Dewantara ).
c. Dr. Cipto Mangunkusumo.
Tujuannya adalah mencapai Indonesia merdeka. Indische Partai dibubarkan Belanda pada tanggal 31 Maret 1913.

6. Perhimpunan Indonesia ( PI )
Perhimpunan Indonesia didirikan oleh mahasiswa Indonesia yang belajar di Belanda, tujuan organisasi ini adalah menuntut indonesia merdeka.
Tokoh Perhimpunan Indonesia antara lain : Dr. Moh. Hatta, Sutan Syahrir, Ahmad Subardjo, Sukiman, Ali Sastroamijoyo, Sunaryo, Sartono, Nazir Pamuncak, dan lain-lain.

7. Partai Nasional Indonesia ( PNI )
Partai Nasional Indonesia didirikan oleh Soekarno di Bandung pada tanggal 4 Juli 1927. tujuannya adalah mencapai kemerdekaan Indonesia. Organisasi ini tidak mau bekerjasama dengan Belanda ( Non Cooperation ).

8. Partai Indonesia Raya ( Parindra )
Organisasi ini didirikan oleh Dr. Sutomo di Surabaya pada tahun 1935. tujuannya adalah mencapai Indonesia merdeka, bersifat co-operation artinya mau bekerja sama dengan Belanda.

9. Paguyuban Pasundan
Organisasi ini didirikan oleh Dr. Kusumo Sujono dan Dr. Otto Iskandar Dinata. Paguyuban Pasundan bekerja sama dengan Belanda atau berasaskan koperasi.

10. Partai Indonesia ( Partindo )
Organisasi ini didirikan oleh Mr. Sartono pada tanggal 30 April 1931. dengan berasaskan nasionalisme, organisasi ini bertujuan mencapai kemerdekaan Indonesia dengan kekuatan dan persatuan rakyat Indonesia sendiri.

11. Organisasi – Organisasi Pemuda yang masih Bersifat Kemerdekaan
a. Tri Koro Darmo didirikan pada tanggal 9 Mare 1915. sebagian besar anggotanya berasal dari Madura dan Jawa.. Tujuannya sakti, budi, dan bakti.
Kemudian berubah menjadi Jong Java ( Pemuda Jawa ). Tokoh–tokohnya adalah Sunardi, Satiman, Kadarman.
b. Jong Sumatera Bond didirikan di Jakarta pada tanggal 9 Desember 1917. tokoh–tokohnya adalah Moh. Hatta, Moh. Yamin, Abu Hanifah, M. Tamsil.
c. Jong Minahasa didirikan di Minahasa pada tahun 1918. Tujuannya meningkatkan persatuan pemuda pelajar yang berasal dari Minahasa.
d. Jong Ambon.
e. Jong Celebes ( Pemuda Sulawesi ).

12. Perguruan Taman Siswa
Didirikan oleh Ki Hajar Dewantara pada tahun 1922 di Yogyakarat. Tujuannya adalah mendidik pemuda agar berjiwa kebangsaan yang kuat, cinta terhadap tanah air, bangsa, dan kebudayaan Indonesia.

Semboyannya yang terkenal berbunyi :
a. Ing Ngarso Sung Tulodo ( di depan memberikan contoh teladan yang baik ).
b. Ing Madyo Mangunkarso ( di tengah membangkitkan semangat ).

Ki Hajar Dewantara dianggap sebagai tokoh yang berjasa dalam bidang pendidikan. Tanggal kelahirannya, yaitu 2 Mei, diperingati sebagai hari pendidikan nasional.

13. Gerakan Rakyat Indonesia ( Gerindo )
Gerakan ini didirikan oleh Dr. Adnan Napau Gani, Mr. Sartono, Mr. Wilopo, dan Mr. Moh. Husni Thamrin pada tanggal 24 Mei 1937 di Jakarta. Tujuannya adalah mencapai kemerdekaan Indonesia atas dasar kekuatan dan persatuan seluruh rakyat Indonesia.
14. Sumpah Pemuda
Pada tanggal 30 April hingga 2 Mei 1926 diadakan Kongres Pemuda I di Jakarta. Kongres ini dipimpin oleh Muhammad Thabrani. Tujuan kongres adalah :
1. Memajukan paham kesatuan dan persatuan bangsa.
2. Mempererat hubungan antara organisasi kepemudaan.

Pada tanggal 28 Oktober 1928 diadakan Kongres Pemuda II. Kongres inilah yang mencetuskan sumpah pemuda.
Kongras Pemuda II dipimpin oleh Sugondo, Joyopuspito, tokoh lainnya Mr. Muhammad Yamin, Wongso Negoro, dan Kuncoro Purbopranoto. Dalam kesempatan itu, untuk pertama kalinya, dikumandangkan lagu Indonesia Raya, ciptaan Wr. Supratman.

Dengan sumpah pemuda, arah perjuangan bangsa Indonesia semakin tegas. Bangsa Indonesai memandang perlu adanya persatuan dan kesatuan dalam mewujudkan kemerdekaan Indonesia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar